book : The Great Ghost Rescue

Seperti apakah buku favorit Hota? Hemph~~ yang pasti gw tu freak banget ma buku2 keak gini: yang penuh imajinasi. Let’s check my task this morning !


Tugas Bahasa Indonesia

Nama : Pudy Kusumaningrum
Kelas : XI S3
Nomor : xx
Sekolah : SMA 1 Kudus
Tanggal : 1 November 2008


RESENSI


  1. Identitas buku
    • Judul buku : The Great Ghost Rescue (Operasi Penyelamatan Hantu)
    • Pengarang : Eva Ibbotson
    • Ukuran : 20 cm x 13.4 cm
    • Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
    • Tebal : 190 halaman
    • Tahun : 2002

  1. Sinopsis
Humphrey si Mengerikan adalah hantu yang tidak mengerikan, karena ia memiliki ektoplasma merah muda. Sebagai anak dari pasangan hantu yang berkaki buntung berjuluk Kilt Melayang dan Hag, ibunya yang berbau sangat busuk, Humphrey tidak bisa dibandingkan dengan kedua kakaknya: George si Tengkorak Menjerit yang jeritannya terdengar seperti tujuh atau delapan orang yang sedang ditarik isi perutnya; ataupun Winifred Meratap, kakak perempuan Humphrey, yang memakai gaun panjang abu-abu penuh noda darah dan biasa melayang-layang berusaha menangkap mangkuk kecil berisi air yang mengambang di depannya.
Ketika kastil Craggyforg akan dipugar, dengan terpaksa Humphrey dan keluarganya yang sudah tinggal selama beratus tahun harus pindah dan mencari tempat tinggal baru. Namun ternyata para hantu di seluruh Inggris sedang kebingungan karena masalah yang sama: pemugaran dan modernisasi. Untung saja mereka bertemu dengan seorang anak bernama Rick yang membantu mereka mencarikan tempat tinggal. Ide untuk membangun suaka hantu pun muncul. Maka Rick bersama keluarga Craggyforg datang menemui Perdana Menteri untuk membicarakan rencana itu.
Lord Bullhaven datang dan menawarkan kediaman tua di pantai timur laut Skotlandia bernama Insleyfarne. Seluruh hantu merasa sangat senang dengan tempat tinggal baru mereka yang nyaman itu. tapi ternyata Insleyfarne hanyalah sebuah perangkap untuk para hantu.
Mereka dieksorsis. George mulai meleleh, Kilt Melayang makin pudar, Winifred tergeletak tak berdaya. Dengan sisa-sisa tenanganya Humphrey pergi mencari bantuan sebelum terlambat. Ia mencari Rick untuk menolong mereka lagi kali ini.

  1. Kelebihan
Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena sangat imajinatif dan lucu.

  1. Kekurangan
Plot berjalan sedikit lambat

  1. Bahasa
Buku ini memakai bahasa baku karena merupakan buku terjemahan. Namun bahasa baku yang digunakan sangat mudah dimengerti dan bagus untuk semua umur.

  1. Nilai buku / manfaat buku
Untuk meningkatkan daya imajinasi kita sebagai pembaca. Juga memberi pelajaran agar kita baik terhadap semua makhluk Tuhan, dan agar tidak berbuat sombong.

No comments:

Post a Comment