[Skin Care Review] Product Empty #2 COSRX One Step Original Clear Pad

Halo, hari ini saya mau melanjutkan series Product Empties dari skincare-skincare yang pernah saya beli dan sudah habis atau menjelang habis, yak. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rezeki-Nya kita bisa belanja skincare setiap saat setiap waktu dan atas karunia-Nya pula kita bisa ketemu lagi di postingan nggak penting dari blog yang terlalu nganu ini.

Olrait, saya akan mulai. Hari ini kita bicara sedikit saja tentang COSRX One Step Original Clear Pad. Dan ini sudah pertengahan tahun 2018, pasti penggemar skincare sudah pada tahu dan bahkan hafal di luar kepala tentang keberadaan COSRX 'kan?

Tutup jar COSRX One Step Original Clear Pad dari atas

Dahulu sebelum memutuskan untuk beli produknya COSRX, saya takut banget soalnya banyak review yang bilang dia ampuh banget mengatasi masalah kulit. Nah, di dalam otak saya ini kalau satu produk ampuh banget malah dia agak serem, karena kemungkinan ingredients/bahan-bahan-nya nggak ramah sama kulit apalagi kalau dipakai setiap hari. Tapi waktu saya beli COSRX Acne Pimple Master Patch yang buat jerawat itu, saya sejujurnya amazed banget dengan teknologinya. Karena itu saya malah kepengen coba skincare lainnya yang diproduksi oleh COSRX ini. Jadilah saya beli COSRX One Step Original Clear Pad dan COSRX Aloe Soothing Sun Cream yang saat ini sudah mau habis juga, ternyata nggak seseram yang saya pikirkan 😂.

Jar COSRX One Step Original Clear Pad
Sebenernya saya agak kurang paham dengan sejarah panjangnya, tapi singkatnya, mungkin sebelum berubah menjadi COSRX One Step Original Clear Pad, nama dari produk ini adalah COSRX One Step Pimple Clear Pad; yang terbaru tersebut semacam upgrade cover-nya aja gitu mungkin, karena ketika saya browsing ingredients/bahan-bahan dari kedua produk tersebut, mereka memiliki bahan-bahan yang sama persis.

COSRX One Step Original Clear Pad sendiri adalah gentle exfoliator yang berbentuk pads (semacam bantalan kapas) yang keseluruhannya basah oleh toner. Di dalam satu jar COSRX One Step Original Clear Pad ada 70 pads yang bisa digunakan setiap hari. COSRX One Step Original Clear Pad ini juga disarankan untuk digunakan 3 (tiga) kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Cara pakai COSRX One Step Original Clear Pad:
  1. Usap wajah dengan sisi pad yang kasar
  2. Usap lagi wajah dengan sisi pad yang lebih halus
  3. Tutup jar setelah penggunaan supaya kandungan toner-nya tidak menguap bersama angin api tanah udara

Sisi kasar pada pad untuk step 1
Sisi halus pada pad untuk step 2

Tapi sejujurnya, walaupun belum ada catatan/record/review tentang apakah penggunaannya adiktif atau tidak, saya agak takut ketagihan, jadi saya cuma pakai satu kali sehari, atau dua kali sehari kalau lagi breakout yang mostly disebabkan oleh hormon pra-menstruasi.

COSRX One Step Original Clear Pad memang menjanjikan ingredients/bahan/isi yang aman dan efektif, terutama untuk mengurangi dan menenangkan jerawat. Mari kita lihat daftar ingredient dari COSRX One Step Original Clear Pad ini:
  1. Salix alba (Wilow) Bark Water
  2. Butylene Glycol
  3. Glycerin
  4. Betaine Salicylate
  5. 1,20Hexanediol
  6. Arginine
  7. PEG-60 Hydrogenated Castor Oil
  8. Panthenol
  9. Allantoin
  10. Ethyl Hexanediol
  11. Citrus aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil
  12. Melaleuca alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil
  13. Sodium Hydroxide
  14. Sodium Hyaluronate
Dilansir dari website resmi COSRX, bahan utama dari pembuatan One Step Original Clear Pad ini adalah Salix alba (Wilow) Bark Water yang mencapai 85.92%. Salix alba Bark Water inilah yang menggantikan fungsi air di toner pada umumnya, karena lebih banyak fungsinya. Empat fungsi utama Salix alba Bark Water di COSRX One Step Original Clear Pad ini, seperti yang bisa dikutip dari CosDNA, adalah sebagai astringent, skin-conditioning, penenang, dan tonic.

Apa itu astringent?

Kalau kamu pernah lihat produk toner dari Viva yang cucumber, dia sebenarnya adalah astringent, yang mana lebih kuat daripada toner pada umumnya, terutama karena dia mengandung lebih banyak alkohol alami. Kegunaan astringent pada bahan toner adalah untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah, terutama bagi kita yang punya wajah kayak tisu bekas dipakai pegang gorengan. Selain itu, kelebihan lain astringent adalah sebagai anti-bakteri yang melawan bakteri jerawat, mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, mengontrol blackhead, dan juga melindungi kulit dengan membuat lapisan pelindung. Mungkin karena itu pula, ketika untuk pertama kalinya dalam hidup kamu buka jar COSRX One Step Original Clear Pad, kamu akan merasa bahwa bau dari pad-pad basahnya itu menyengat sekali.

Tapi tenang saja, karena kalau kita cek di CosDNA, bahan-bahan chemical exfoliator yang mengandung pelarut di COSRX One Step Original Clear Pad ini sangat aman.

Yang tidak saya rekomendasikan hanya satu: kalau kamu sedang dalam penggunaan COSRX One Step Original Clear Pad ini, tolong sekali, jangan campur penggunaannya dengan, misalnya, COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol, karena toner A-Sol ini ingredients-nya sangat keras dan tidak cocok kalau digunakan bersamaan dengan produk yang mengandung AHA, BHA, retinol, dan Vitamin C. Kalau mau, pakai salah satu saja.

Saya pribadi sudah dua bulan menggunakan COSRX One Step Original Clear Pad, dan saya memang merasa mengalami perubahan yang signifikan. Pertama, kulit jadi lebih halus dan tidak lagi mengalami breakout. Yang saya sadari sampai jingkrak-jingkrak sendiri adalah COSRX One Step Original Clear Pad ini benar-benar telah membersihkan hidung saya dari komedo atau blackheads. Sayangnya, dia tidak bisa menenangkan jerawat besar dengan cepat, dan tentu saja tidak bisa mengatasi dark spot dan hiperpigmentasi akibat iritasi jerawat walaupun dia mengandung anti-inflamatory.

Kalau disimpulkan mungkin pro-kontra penggunaan COSRX One Step Original Clear Pad versi saya adalah seperti ini:

PRO
  • Air dalam kandungan toner biasa diganti dengan Salix alba Bark Water yang mengandung astringent yang bagus untuk mengontrol minyak berlebih
  • Ampuh meredakan jerawat kecil
  • Meredam breakout
  • Ampuh menghilangkan blackhead
  • Menghaluskan kulit
KONTRA
  • Wanginya sangat kuat
  • Tidak terlalu bisa diandalkan untuk menenangkan jerawat yang besar-besar
  • Tidak terlalu membantu mengurangi hiperpigmentasi
  • Tidak terlalu ramah di kantong
Walaupun pada akhirnya pro-nya lebih banyak daripada kontra, saya yang awalnya mau beli jar ke-2 akhirnya mengurungkan niat dan lebih memilih menggunakan Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner. Bukan apa-apa, mungkin saya hanya penasaran karena temen saya di twitter (namanya Dien) pernah bilang toner ini bagus gitu 😂😂😂 dasar mental konsumen gampang kemakan iklan

Jar kosong COSRX One Step Original Clear Pad (tinggal sehelai)
Anyways kayaknya saya sudah terlalu banyak bacot di postingan ini. Akhir kata bila ada yang tidak berkenan mohon maaf, kalau ada yang salah-salah dalam menjabarkan mohon bisa dikoreksi. Besok-besok kepengennya ngepost fiksi lagi gitu tapi masih belum ada ide 😤

Salam!





Referensi :
CosDNA http://www.cosdna.com/eng/cosmetic_5bc0350962.html
COSRX.KR
http://cosrx.kr/product_025.html
http://cosrx.kr/product_024.html
Kawaii Beauty Japan https://kawaiibeautyjapan.com/article/757/manfaat-astringent

No comments:

Post a Comment