[Makeup Review] The Body Shop: Matte Clay Skin Clarifying Foundation (Savannah Pecan 042) & Matte Lip Liquid (Mauritius Dahlia 017)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam!

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan September, yang artinya sekitar kurang dari 4 bulan lagi, kita akan ganti tahun. Apakah resolusi di tahun 2018 kalian sudah ada yang tercapai? Saya yang minor sudah, tapi resolusi mayornya masih terus berusaha untuk diwujudkan sampai sekarang 😂. Semoga cepat tercapai, walaupun ada beberapa doa dari orang lain yang menghalanginya.

Untuk post review pertama di bulan September ini, saya ingin membicarakan dua produk sekaligus, dari satu brand yang sama: The Body Shop. Disclaimer dulu, ini adalah honest review saya, jadi mungkin kalian akan mendapatkan reaksi yang berbeda dan mungkin ada yang setuju dan tidak setuju, itu adalah hak masing-masing, karena kebebasan berpendapat diatur dalam Undang-Undang. Adapun dua produk yang saya beli di akhir bulan Agustus lalu adalah:
  1. The Body Shop: Matte Clay Skin Clarifying Foundation (Savannah Pecan 042)
  2. The Body Shop: Matte Lip Liquid (Mauritius Dahlia 017)
Bentuk fisik dari The Body Shop: Matte Clay Skin Clarifying Foundation (Savannah Pecan 042) & Matte Lip Liquid (Mauritius Dahlia 017)


Sedikit cerita, awalnya saya beneran tidak ingin membeli apapun ketika teman saya Alpak meminta saya untuk menemaninya belanja barang elektronik di Mall. Saat itu kemudian dia meminta saya untuk menemaninya ke The Body Shop, karena lipstick favoritnya sudah habis. Ya, Alpak teman saya yang dulu sebelum berangkat ke Glasgow cuma dandan kalau mau tampil sama Prasasti, sekarang setelah pulang dari UK, dia adalah penggemar berat The Body Shop. Karena dia ingin punya kartu The Body Shop Indonesia, dia membujuk saya agar supaya ikut belanja juga. Walhasil saya pulang membawa dua bayi tak berdaya ini; foundation dan lip liquid. Tidak menyesal, sih, toh hasil akhirnya luar biasa.

Tampak depan The Body Shop: Matte Clay Skin Clarifying Foundation (Savannah Pecan 042)

Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini saya beli yang seri Savannah Pecan 042, karena walaupun kulit saya gelap, tapi undertone saya cool, kalau pakai yang warm undertone nanti saya kuning banget kayak sakit 😓, tapi sejujurnya warna ini pun tetap saja masih terlalu terang untuk kulit saya ini. Sepertinya saya harus beli satu lagi yang paling gelap lalu dicampur supaya saya bisa dapet shade yang paling sesuai. Tapi walaupun demikian, untuk sebuah liquid foundation, tekstutnya sangat ringan, bahkan ketika diaplikasikan dia nggak terasa seperti memakai apapun sama sekali di muka kita. Meskipun matte, dia tidak menghilangkan glow dari wajah kita, dan tetap menghidrasi kulit wajah dengan sangat baik.

Swatch The Body Shop: Matte Clay Skin Clarifying Foundation (Savannah Pecan 042)

Beberapa poin yang diklaim oleh Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini adalah sebagai berikut:
  • Matte High Coverage
  • 24 Hour long lasting wear
  • 24 Hour shine control
  • 24 Hour breathable wear
  • Promote clearer looking skin
  • Non-pore clogging
Kemarin waktu saya test drive kemarin lusa, saya tidak memakai sampai 24 jam, tapi Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini dalam waktu 5 jam masih utuh dan tidak cracking sama sekali. Shine control juga bagus, dan seperti yang saya bilang di atas bahwa tekstur foundation ini sangat ringan, jadi kita check (✔) juga untuk breathable wear. Tentu Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini juga menambah kecerahan kulit. Dua "tapi" yang saya temukan hanyalah: 1) Matte high coverage dan 2) Non-pore clogging.

Saya punya banyak bekas jerawat di wajah, dan beberapa di antaranya cukup parah di pipi, dan meskipun sudah apply 2-3 layer foundation, bekas jerawat itu tetap kelihatan meskipun samar-samar 😂. Terus yang non-pore clogging, sebenarnya kalau dipakai sekitar 5-6 jam itu aman, tapi kalau sampai 12 jam (seperti yang saya lakukan kemarin), sepertinya tetap pore-clogging. Mungkin tergantung juga kita memakainya di mana, semisal di kota sepadat Semarang dan Yogyakarta dengan intensitas polusi udara yang tinggi, ya meskipun diklaim non-pore clogging, hasilnya tetap clogging juga apa mau dikata.

Sudah pakai 2 layer tapi beberapa spot bekas jerawat masih terlihat jelas dan saya harus nutup lagi pakai concealer
Untuk nilai, saya akan memberi nilai The Body Shop: Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini 7/10. Lebih karena belum menemukan shade yang cocok untuk kulit gelap ber-undertone cool seperti saya, serta coverage yang masih medium meski diklaim tinggi 😓. Tetap pakai seterusnya juga, karena ringan banget dan enak.

Sekarang untuk The Body Shop: Matte Lip Liquid; item kedua yang hendak saya bicarakan hari ini. Matte Lip Liquid yang saya beli adalah warna Mauritius Dahlia 017. Dua kata yang bisa saya katakan: CANTIK BANGET!

Tampak depan/tube Matte Lip Liquid (Mauritius Dahlia 017)

Saya belum pernah sama sekali seumur hidup punya lipstick berwarna ungu. Ketika saya melihat lip liquid ini di jajaran makeup The Body Shop, saya langsung tertarik dan men-swatch di tangan saya. Dan ternyata lucu banget. Kulit bibir saya memang tipikal gelap alami, dan ternyata cocok diberi lip liquid yang agak gelap juga, hehe.

Swatch The Body Shop: Matte Lip Liquid (Mauritius Dahlia 017)
Warna presisi dari Mauritius Dahlia 017 ini seperti wine, merah ungu manis gitu. Wangi Matte Lip Liquid ini juga lucu, seperti Bubble Gum atau permen karet. Lip liquid dari The Body Shop ini juga formulanya sangat ringan. Beberapa menit setelah diaplikasikan di bibir, rasa memakai lip liquid sudah hilang dan kita seperti tidak memakai apa-apa di bibir. Warnanya juga awet dan tidak mudah hilang karena air dan/atau minyak. Bisa bertahan sampai 4 jam pun sudah bagus. Formula liquid-nya juga mudah membuat Matte Lip Liquid ini dipakai untuk membuat gradiasi warna bibir. Sampai sekarang saya belum menemukan kontra untuk produk yang satu ini, jadi sepertinya The Body Shop: Matte Lip Liquid ini akan menjadi lip liquid favorit saya beberapa waktu ke depan 😂😂😂

Meskipun dulu Alpak tidak pernah dandan tapi dia jago sekali menemukan lip liquid seenak ini, aku jadi iri duh 😓

Nilai? 9/10, dong, hehehe. Kalau bisa malah kepengin beli lagi secepatnya, ingin mencoba warna yang nude.

Seperti biasa, mari kita menarik kesimpulan PRO dan KONTRA dari post yang sudah ditulis panjang lebar dan meleber-meleber ini. Meskipun kita membicarakan 2 produk dari satu brand yang sama sekaligus, segmen tetap kita bedakan, okay?

The Body Shop: Matte Clay Skin Clarifying Foundation (Savannah Pecan 042)
PRO
  • Long lasting
  • Shine control
  • Breathable wear
  • Formula ringan
  • Menambah kecerahan wajah

KONTRA

  • Medium coverage 😭
  • Kalau dipakai lama tetap pore-clogging

The Body Shop: Matte Lip Liquid (Mauritius Dahlia 017)
PRO
  • Ringan
  • Tahan lama
  • Tidak mudah luntur/hilang
  • Tidak banyak transfer
  • Wangi bubble gum
KONTRA
  • Tidak ada
Full makeup menggunakan Matte Clay Skin Clarifying Foundation & Matte Lip Liquid dari The Body Shop
Karena membicarakan dua produk, post ini rasanya jadi panjang sekali ya 😥. Semoga teman-teman tidak berkenan, hehe. Oh iya, kemarin tanggal 2 September 2018 adalah Closing Ceremony Asian Games 2018. Tidak terasa sudah lebih dari 2 minggu perhelatan besar 4-tahunan Asia diselenggarakan di Jakarta-Palembang. Sedih, tapi tetap semangat! Anyways, mau pamer isi instagram terbaru 😌😌

A post shared by Pudy Kusumaningrum (@29kkkp) on


Sampai jumpa di post selanjutnya! Doakan saya supaya nggak malas nulis fiksi dan surat motivasi dong hahahaha 😂

Salam dari saya!

No comments:

Post a Comment